Skip to main content

Wisata Ke Dolphin Center Batang Jawa Tengah

Ada Apa di Batang Dolphin Centre?

Batang Dolphin Centre (BDC) Taman Safari Indonesia terletak didalam kawasan pantai Sigandu, Batang, Jawa Tengah. Tampak luar dari bangunan bagian depan berbentuk kapal. Di bagian depan terdapat loket dan pintu gerbang masuk. Harga tiketnya cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000,- untuk tiket non-show dan Rp 20.000,- untuk tiket show (pertunjukkan lumba-lumba).

Tampak Depan BDC
Setelah membeli tiket, saya masuk melalui pintu gerbang dan disambut oleh petugas yang menjelaskan dengan ramah tentang hal-hal yang dapat dilihat di tempat ini serta rencana pengembangan kawasan ini. Sebagai sebuah tempat wisata yang tergolong baru, wahana yang ada disini masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, Batang Dolphin Centre ini akan dilengkapi dengan waterpark, water sport, indoor theme park dan kebun binatang. 

Dibagian dalam bangunan berbentuk kapal terdapat sebuah lorong yang di kanan kirinya terdapat akuarium. Akuarium yang berada di sebelah kiri berisi berbagai jenis ikan, sedangkan akuarium di bagian kanan berisi beberapa jenis ular. Lorong ini tidak terlalu panjang. Beberapa bagiannya masih dalam perbaikan. Di bagian luar bangunan ini terdapat kolam yang berisi beberapa ekor penyu berukuran besar.

Tampak luar bangunan berbentuk kapal
Akuarium yang terdapat di area BDC
Kolam Penyu
Di dalam area BDC terdapat kolam lumba-lumba. Pertunjukkan lumba-lumba hanya dilakukan pada jam-jam tertentu. Jika pengunjung datang saat tidak ada pertunjukkan, pengunjung tetap dapat melihat lumba-lumba dari samping kolam. Beruntung, saat saya mengunjungi tempat ini, sedang akan diadakan pertunjukkan lumba-lumba. Sebagian besar pengunjung datang dengan membawa anak-anak yang masih kecil. Pertunjukkan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini tidak hanya memukau penonton dengan atraksi lumba-lumba, tetapi juga atraksi binatang lain seperti burung dan anjing. Di sela-sela pertunjukkan, pemandu acara menyampaikan informasi yang dapat menambah pengetahuan tentang lumba-lumba. Usai menonton, pengunjung juga dapat berfoto dengan lumba-lumba.

Dolphin Show
Di bagian lain dari kawasan ini terdapat kebun binatang mini yang disebut Mini Safari. Seperti sebuah kebun binatang pada umumnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis binatang seperti macan tutul, beruang madu, zebra, waterbuck, lama, burung emu, dan lain lain. Selain itu, juga terdapat arena bermain anak-anak.

Pintu masuk mini safari
Suasana di dalam mini safari
Usai berjalan-jalan di dalam area ini, saya mengunjungi restoran yang berada tepat di samping kolam lumba-lumba. Saya pun menikmati segelas jus sambil melihat lumba-lumba yang berenang mendekat ke kaca kolam. Restoran ini menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh di toko souvenir yang ada di tempat itu. Tidak hanya itu saja, di tempat ini pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggang unta dan berjalan-jalan di pinggir pantai.

Restoran di samping kolam lumba-lumba

Wahana unta tunggang
Itulah sekelumit cerita dari kunjungan saya ke BDC, semoga bermanfaat dan mungkin dapat menjadi salah satu tujuan alternatif liburan Anda. :-)

Comments

Popular posts from this blog

Phuket, Wisata Pantai Menakjubkan

Menuju PhuketDari Jakarta terdapat direct flight ke Phuket menggunakan AirAsia dengan lama tempuh kurang dari 3 jam, membuat destinasi Phuket semakin menarik bagi turis Indonesia.Sedangkan jika dari Bangkok, saya sarankan juga menggunakan penerbangan, baik AirAsia, Bangkok Airways (5x sehari) maupun Thai. Perjalanan darat dengan bus akan menyita waktu belasan jam.Phuket Airport terletak di bagian utara pulau, perjalanan dengan kendaraan adalah sekitar 30 menit untuk ke Patong atau Phuket Town. Tersedia fasilitas airport shuttle dari dan menuju Phuket Town dengan tiket 85 Baht, interval berangkat setiap 1-1,5 jam sekali, tiket dibeli langsung di dalam bus.Jika melakukan perjalanan loop, kita bisa mengambil rute Krabi – Phi Phi Islands – Phuket menggunakan boat. Ferry dari Phi Phi Don ke Phuket memakan waktu sekitar 2,5 jam (termasuk loading dan unloading) dan dapat membawa penumpang hingga 700 orang dalam satu kapal. Tiba di terminal Ferry Phuket, transportasi untuk menuju…

Pusat Promosi Wisata Terbesar di Indonesia TRAVELOISTA.COM

Pusat Promosi Wisata Terbesar di Indonesia paket wisata

Dunia wisata tidak akan pernah pada, setiap tahunya hampir sekitar 10 juta wisatawan di Indonesia melakukan perjalanan liburan,bagi warga indonesia liburan sudah menjadi salah satu kebutuhan, dari survey yang dilakukan setiap keluarga minimal 1 kali melakukan perjalanan liburan.paket wisata
Terlepas dari besarnya pasar wisata di Indonesia, nampaknya penyedia jasa perjalanan dan liburan belum mampu untuk memenui keinginan sebagian besar wisatawan. Kendala terbesar adalah tidak adanya kecocokan antara permintaan paket wisata wisatawan dengan paket wisata yang disediakan oleh Agen Travel. Dari masalah tersebut TRAVELOISTA.COM coba membuat solusi atas masalah tersebut dengan membangun sebuah platform yang menghubungkan kebutuhan wisatawan agar agen travel dapat memenuhi permintaan tersebut.
Platform yang disediakan TRAVELOISTA.COM memberikan kemudahan bagi Agen Travel untuk membuat paket wisata dilengkapi dengan data anal…

Lombok Gili Trawangan Is The Best Vacation

The Gili Islands, Bali consist of three small, wonderful exotic heaven islands: Gili Trawangan, Gili Meno and Gili Air. These islands are situated a few kilometres from the North West shore of Lombok, and recently have become a favourite place and seemingly heavenly abode for guests visiting both Philippines and Lombok. They are also a quickly evolving vacation location in their own right.

Lombok You Have To See

The Gili Isles were first discovered by Bugis anglers from Sulawesi, who used them as a stop point while sport fishing visits throughout the Indonesian islands. They first became well-known with guests returning in the Nineteen-eighties, when back-packers found the beautiful picturesque beauty of pristine seashores and magnificently bountiful waters with a wide variety of underwater life.

Today the Gili islands are the most well-known fascination of Lombok. Lombok is often regarded the "sister island" of Bali, and many individuals choose to check out both islands on the…